Sejarah

Membangun sesuatu dari tidak ada menjadi ada bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan satu pemikiran jernih dan cita-cita mulia yang didukung oleh semangat juang tanpa kenal menyerah serta berpadu dengan bantuan tanpa pamrih dari banyak pihak yang sadar bahwa hidup ini harus sesuai dengan ajaran Sang Buddha.

Begitulah gambaran perjalanan Yayasan Dharma Suci yang menuai kiprahnya dari titik nol yang kemudian terus berkembang dengan pesat dalam rentang waktu 25 tahun.

Yayasan Dharma Suci didirikan oleh Bhiksuni Zong Kai pada tanggal 6 juni 1984. Bhiksuni Zong Kai dalam usia yang masih sangat muda, memiliki visi dan tujuan hidup yang kuat. Menurut beliau, pendidikan merupakan hal yang paling utama dalam hidup, karena setiap orang yang dekat dengan pendidikan cenderung lebih dekat dengan kebajikan. Oleh sebab itu, Dharma Suci mengembangkan dua sayap pengabdian yang berjalan bersama, yaitu Sekolah dan Vihara Dharma Suci.

Pada tahun pelajaran 1985/1986, TK dan SD Dharma Suci memulai aktivitas belajar mengajarnya, tepatnya mulai juni 1985, di bangunan yang terleta di Komplek Pluit Mas Blok F No.1-5, Jakarta Utara. Bangunan sekolah ini hanya memiliki 6 ruang kelas dan sebuah kantor dengan 171 siswa dan 9 guru. Pada awalnya kebaktian dilakukan pada setiap hari minggu, di dalam kelas dengan membuat altar darurat. Pada tahun berikutnya, sebuah cetiya kecil dibangun di belakang sekolah, dan pada tahun itu juga SMP memulai proses belajar mengajarnya, tepatnya pada tahun pelajaran 1986/1987.

Sekolah Dharma Suci makin berkembang dari hari ke hari, dan pada tahun pelajaran 1989/1990, SMP Dharma Suci diakreditasi dan mendapat status disamakan, disusul oleh SD Dharma Suci pada tahun pelajaran 1990/1991. Sementara SMEA Dharma Suci mulai beroperasi pada tahun pelajaran 1992/1993.

Tahun 1994, Sekolah Dharma Suci (TK-SD-SMP-SMEA) telah memiliki 26 ruang kelas, kantor guru masing-masing divisi, dan fasilitas penunjang, seperti laboratorium, ruang UKG/UKS, ruang tata boga, arena bermain, lapangan olah raga, dan lain-lain dengan 36 staf pengajar dan 623 siswa.