Hindarkan Gadget dan TV dari jangkauan anak balita khususnya kurang dari usia 2 tahun

Diposting pada: 2018-04-16, oleh : Sugiarto Kartono, Kategori: Pendidikan Umum

Batasi juga penggunaan televisi bagi anak jika perlu hindarkan anak dari televisi. Tayangan televisi yang tidak mendidik akan berbahaya bagi anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan. Kecenderungan meniru dari lingkungan bila tidak dibarengi arahan dari orang tua bisa mengakibatkan hal yang fatal. Apalagi lingkungan yang paling akrab bagi anak adalah televisi. Mengapa kita perlu Hindarkan Gadget / Handphone / TV dari Anak Usia 2 Tahun? Karena dalam teori perkembangan anak dijelaskan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Anak akan asyik dengan gadgetnya lalu lupa bergerak, bermain, bersosialisasi dengan lingkungannya. Hubungan personal dengan ayah-bunda dan saudara-saudarannya menjadi amat berkurang.
  2. Anak akan malas baca buku (bisa kena sindrom lazy eyes) karena sudah terbiasa melihat gambar bergerak di Gadget. Ini amat merugikan. Anak jadi nggak hobi baca tapi hobi main game. Aktivitas membaca amat diperlukan agar anak menjadi luas wawasan keilmuannya kelak. Nah hobi baca ini perlu ditanamkan sejak dini, bukan hobi main game virtual. Padahal pornografi dan kekerasan banyak masuk lewat game ini.
  3. Peluang ayah bunda untuk berinteraksi maksimal dengan buah hati melalui aktivitas baca buku sambil bercerita jadi ngga ada. Memang sih ayah bunda bisa enak ngga repot dengan rengekan anaknya yang sudah keranjingan Gadget. Tapi apa ngga pingin bisa mendidik anak lewat cerita ayah bundanya? Apa ngga pingin anak lebih akrab lagi dengan ayah bundanya daripada dengan iPad atau androidnya?

Sebuah penelitian yang melibatkan 1000 keluarga yg memiliki bayi usia 8-16 bulan menyimpulkan: Jika bayi secara berkala dibacakan buku cerita maka mereka mengenali jumlah kata 8% LEBIH BANYAK dari anak rata-rata. Sebaliknya, jumlah perbendaharaan kata bayi yang banyak melihat acara baby tv ataupun dvd yang khusus diperuntukkan bagi bayi adalah 20% LEBIH RENDAH dari jumlah kata yang dimiliki anak-anak secara rata-rata (Republika – TV ganggu perkembangan otak anak).

Yuks mulai ubah pusat gravitasi di rumah kita dari TV ke buku-buku bacaan yang bermanfaat. Jangan biarkan sebagian besar masa golden age balita tercinta kita dihabiskan menerima stimulasi pasif dari TV dan gadget atau handphone. Bagikan Hindarkan Gadget / Handphone / TV dari Anak Usia 2 Tahun melalui Facebook Twitter atau Google+


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini